Mengenal Produk Asuransi Syariah dan Keunggulannya

Mengenal Produk Asuransi Syariah dan Keunggulannya

Dapatkan info asuransi Indonesia secara lengkap bagi Anda yang tertarik untuk membeli produk perlindungan atau proteksi tersebut. Di setiap hal mulai diantaranya adalah kesehatan, kemudian juga kematian, kecelakaan dan sebagainya sangat mungkin dialami oleh siapa saja. Karena kesadaran akan berbagai macam resiko yang mungkin dialami tersebut, maka agaknya Anda juga harus memiliki proteksi, diantaranya adalah dari asuransi. Namun tidak perlu semua jenis asuransi dibeli, melainkan hanya yang penting-penting saja yang paling dianjurkan.

Selama ini mungkin Anda sudah sering mendengar mengenai produk asuransi syariah, sama halnya dengan perbankan dimana ada jenis bank konvensional dan juga syariah, maka asuransi pun demikian. Ada produk yang konvensional dan juga syariah. Dalam prakteknya ia lebih mengedepankan pada asas saling bantu antara sesama nasabah, seperti halnya pada produk asuransi konvensional, tentunya disertai dengan adanya akad, inilah yang membedakannya dengan asuransi konvensional pada umumnya.

Info asuransi Indonesia khususnya asuransi syariah ini juga harus Anda ketahui, apalagi bagi calon nasabah yang pada dasarnya adalah muslim, takut dengan riba yang terdapat ada produk keuangan konvensional. Maka jenis asuransi syariah dapat dijadikan sebagai pilihan terbaiknya. Berikut ini setidaknya ada beberapa hal terkait dengan jenis asuransi syariah yang harus Anda ketahui terlebih dahulu, yaitu:

  1. Asuransi syariah ini konsepnya adalah tolong menolong, konsep utama yang ada pada asuransi ini adalah donasi, sehingga ketika Anda membeli asuransi syariah ini, sebenarnya sama halnya dengan mendonasikan uang untuk membantu nasabah lainnya yang tengah terkena masalah atau musibah. Jadi dengan adanya konsep semacam ini dana tetap aman atau tidak hilang selama melakukan investasi. Pada jangka waktu tertentu nantinya semua keuangan akan didapatkan secara langsung akan dibagi rata kepada kedua belah pihak.
  2. Dengan risk transfer membuat asuransi ini menjadi jauh lebih adil dan juga menguntungkan, konsep yang dipakai pada asuransi syariah memang bukan risk sharing. Jadi perusahaan asuransi disini berperan sebagai operatornya dan tidak akan mengalami kerugian, sifatnya jadi lebih menguntungkan.
  3. Tidak ada istilah dana hangus, pada produk asuransi konvensional seperti yang diketahui, pada beberapa jenis asuransi tertentu seperti diantaranya adalah asuransi jiwa berjangka, maka selama tidak ada klaim dari nasabah atau peserta dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, maka nantinya uang premi otomatis akan hangus, namun agak berbeda dengan asuransi ini, karena konsepnya sendiri adalah titipan atau wadiah maka dananya akan tetap terjaga atau aman, tidak hangus.
  4. Lebih transparan, pengelolaan dana asuransi syariah ini memang memakai konsep pembagian secara jelas sejak awal, sehingga membuat uang yang dititipkan tersebut menjadi lebih jelas, dialokasikan untuk hal-hal yang sifatnya memang sudah pasti.
  5. Tidak terdapat riba, mungkin inilah hal yang paling dicari oleh nasabah yang mayoritas adalah muslim, yaitu produk asuransi yang tidak menyertakan adanya riba di dalamnya, maka asuransi syariah dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik bagi Anda. Transaksinya sudah didasarkan pada hukum ekonomi islam.
  6. Diawasi secara langsung oleh Dewan Pengawas Syariah, jadi nantinya akan lebih terjamin prinsip-prinsipnya sesuai dengan syariah atau ekonomi islam.

Tak perlu ragu untuk membeli asuransi syariah ini. Info asuransi Indonesia lainnya juga bisa Anda ketahui. Pilah-pilih perusahaan terbaik penerbitnya seperti diantaranya adalah dari Asuransi Allianz yang sudah terbukti kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *