Apa Saja yang Membuat Klaim Anda Bisa Ditolak?

Apa Saja yang Membuat Klaim Anda Bisa Ditolak?

Banyak orang enggan membeli asuransi karena rumor yang berada di masyarakat adalah sulitnya mengajukan klaim jika resiko terjadi padahal pemilik asuransi telah rutin membayarkan premi. Padahal hal tersebut tidaklah benar karena baik pemegang polis maupun perusahaan asuransi terikat secara hukum untuk melakukan kewajiban-kewajibannya sesuai dengan kesepakatan. Bagi klaim yang ditolak, sangat mungkin tidak sesuai dengan polis yang telah disepakati sehingga mengetahui dengan detail dari polis asuransi sendiri merupakan hal yang sangat penting. Info asuransi Indonesia berikut ini adalah mengenai apa saja yang bisa menyebabkan klaim asuransi ditolak sebagai pengetahuan yang lebih detail mengenai asuransi:

  • Berada pada status lapse atau tidak aktif.

Asuransi bisa berada pada kondisi tidak aktif jika Anda sebagai pemegang polis tidak membayar premi tepat waktu apalagi telah lewat masa tenggang. Asuransi juga memiliki masa tenggang dimana apapun resiko yang terjadi di masa tersebut tidak akan dicover oleh asuransi. Karenanya pastikan Anda membayar premi sebelum jatuh tempo.

  • Tidak sesuai dengan polis.

Sebelum mengajukan klaim, pastikan Anda membaca kembali polis asuransi yang dimiliki agar mengetahui apa saja yang termasuk resiko yang dicover dan mana yang tidak bisa dicover. Misalnya untuk asuransi kesehatan, ada yang sudah termasuk pemeriksaan gigi, namun tidak untuk pemasangan implan atau bahel untuk tujuan estetika. Kemudian persyaratan sebab resiko terjadi juga perlu diketahui misalnya sakit yang disebabkan oleh tindakan kriminal yang dilakukan pemegang polis tidak akan dicover oleh asuransi.

  • Tidak sesuai batas waktu.

Perhatikan waktu Anda mengajukan klaim. Semua jenis asuransi memiliki batasan waktu pengajuan klaim yang harus diketahui dan ditaati pemilik polis. Misalnya untuk asuransi kendaraan umumnya memiliki batas waktu hingga 3 hari setelah resiko terjadi. Atau untuk asuransi jiwa bisa memiliki batas waktu antara 30 hingga 60 hari semenjak resiko terjadi. Pelajari kembali polis Anda untuk mengetahui batas waktu pengajuan klaim.

  • Masa tunggu.

Beberapa jenis produk asuransi memiliki masa tunggu. Misalnya untuk asuransi kesehatan, memiliki masa tunggu dari awal pembelian asuransi hingga klaim antara 30 hingga 60 hari. Atau untuk asuransi persalinan, masa tunggu setidaknya adalah selama 9 bulan. jika Anda mengajukan klaim asuransi di masa tunggu, maka sudah jelas klaim Anda akan ditolak. Dari info asuransi Indonesia, hal ini menjadi salah satu penyebab terbanyak mengapa klaim asuransi ditolak.

  • Tidak termasuk di wilayah cover asuransi.

Asuransi jiwa, asuransi kesehatan atau asuransi kendaraan, bisa memiliki batasan wilayah pemberian perlindungan kepada pemegang polis. Misalnya Anda sedang bepergian ke daerah konflik untuk melakukan pekerjaan dan mengalami sakit atau kecelakaan disana, padahal di polis asuransi Anda tertera jelas bahwa cover tidak termasuk kejadian di wilayah konflik maka jika Anda mengajukan klaim akan ditolak oleh perusahaan asuransi.

  • Kejahatan asuransi.

Pemilik asuransi yang melakukan kejahatan asuransi yaitu dengan sengaja melakukan sesuatu agar terjadi resiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi dengan tujuan untuk mendapatkan uang pertanggungan, klaimnya akan ditolak oleh perusahaan asuransi setelah melakukan penyelidikan.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan klaim asuransi ditolak oleh perusahaan asuransi dari info asuransi Indonesia. Bagi Anda yang ingin memiliki asuransi namun masih ragu, Anda bisa membeli asuransi dari perusahaan asuransi terpercaya Allianz yang memiliki berbagai jenis produk asuransi dengan cara klaim yang mudah dan proses yang transparan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *