Info Asuransi Indonesia: Cara Klaim Asuransi Jiwa & Kesehatan yang Mudah

Sebagai perusahaan yang menanggung segala kerugian nasabahnya. Agen asuransi juga akan menerapkan berbagai macam alur yang harus dilakukan nasabah guna untuk mengklaim asuransinya. Terdapat banyak info asuransi Indonesia yang menjelaskan tentang alur klaim yang sangat mudah bagi nasabah. Nasabah dapat melakukan klaim asuransi ketika terjadi sebuah kerugian yang menimpa terkait dengan asuransi yang ia punya. Seperti contohnya ketika nasabah memiliki asuransi kesehatan, maka ketika nasabah memiliki sebuah penyakit dan memerlukan biaya berobat, maka asuransinya dapat diklaim sebagai biaya berobat.

Asuransi sendiri memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan kepentingannya. Ada asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi bisnis, asuransi pendidikan, dan masih banyak lagi. Untuk setiap alur klaim yang ada di setiap produk hampir memiliki alur yang sama. Untuk lebih memudahkan Anda dalam mengklaimnya, Anda juga dapat memilih perusahaan asuransi yang tidak memberatkan nasabah. Seperti contohnya asuransi Allianz yang memberikan kemudahan bagi nasabah dalam proses klaimnya. Berikut ini alur dalam klaim asuransi jiwa & kesehatan:

  1. Mengisi formulir klaim dan formulir surat keterangan dokter
    Nasabah yang hendak melakukan klaim asuransi datang langsung ke agen asuransi dan meminta formulir klaim serta formulir surat keterangan dokter. Selain itu, nasabah juga dapat mengisi formulir tersebut secara online melalui web dari perusahaan asuransi tersebut. Anda dapat memilih salah satu dari kedua proses tersebut dalam mengklaim asuransi. Untuk memudahkannya Anda dapat memilih agen Allianz sebagai produk asuransi Anda. Sebab, untuk mengklaim asuransi Anda cukup mengunjungi laman web Allianz yang tersedia untuk memudahkan dalam proses pengisian formulir.
  2. Serahkan formulir dan dokumen pendukung ke bagian customer service
    Setelah formulir terisi lengkap, nasabah dapat menyerahkan formulir tersebut kepada customer service perusahaan asuransi atau langsung mengirimnya melalui web yang tersedia. Selain itu, nasabah juga diminta untuk memberikan dokumen pendukung seperti identitas diri dan juga rekam medik ataupun bukti terjadinya sebuah kecelakaan.
  3. Verifikasi data
    Setelah nasabah menyerahkan formulir dan dokumen yang diminta, maka perusahaan akan mulai melakukan verifikasi data dan mencocokkannya dengan data nasabah yang ada. Jika data yang dimasukkan salah, maka perusahaan akan menginformasikan kepada nasabah untuk memperbaikinya.
  4. Analisis data
    Setelah proses verifikasi berhasil dan data sesuai, maka selanjutnya perusahaan akan melakukan analisis data lebih lanjut terkait produk dan juga kejadian yang menimpa nasabah. Analisis tersebut dilakukan untuk mengecek apakah nasabah berhak mendapatkan klaim. Hal itu diukur dari tingkat keparahan kejadian yang menimpa nasabah.
  5. Proses klaim selesai
    Setelah analisis selesai dilakukan, maka perusahaan akan melakukan persetujuan nasabah ketika proses klaim sesuai, atau melakukan penolakan ketika kejadian yang menimpa nasabah tidak memerlukan klaim asuransi.

Itulah info asuransi Indonesia terkait dengan tata cara klaim asuransi jiwa dan juga kesehatan. Cukup mudah bukan untuk melakukan klaim asuransi. Proses klaim tersebut juga akan Anda terima ketika Anda memilih perusahaan Allianz sebagai pilihan agen yang tepat. Jadi, segeralah membuat asuransi sebab pembuatan dan pengklaiman pun sangat mudah dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *